Tidak Ada Merek Lokal Pada Ajang GIIAS 2019

"Ajang ini rencananya akan berlangsung pada 18 - 28 Juli"
GIIAS (net)

KLIKPOSITIF- Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 (GIIAS 2019) dipastikan digelar tanpa brand atau merek lokal. Pameran otomotif tahunan ini rencananya akan berlangsung pada 18 - 28 Juli, di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi yang mengatakan brand lokal tidak ada yang berpartisipasi. "Mereka tidak join," kata Nangoi, di Jakarta, Selasa 14 Mei dilansir dari Suara.com.

Dalam beberapa tahun belakangan industri otomotif Tanah Air kedatangan brand lokal baik roda dua maupun roda empat. Brand lokal roda dua ada Gesits dengan produk motor listriknya. Sedangkan brand lokal roda empat roda Amdes dan Fin Komodo.

Saat ditanyai apa alasan brand-brand lokal tersebut tidak berpartisipasi di GIIAS 2019, Nangoi hanya menjelaskan brand lokal yang ada saat ini beda segmen.

"Kalau Gesits sepeda motor, target kami memang bukan ke arah sana. Sedangkan Amdes itu bukan mobil, itu angkutan. Karena kalau kami masukkan ke mobil, nanti persyaratannya tidak cocok," papar Nangoi.

GIIAS 2019 akan menampilkan total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta merek kendaraan komersial FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Sedangkan 11 merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Tiga perusahaan karoseri Adi Putro, Laksana, Tentrem, dan 300 merek industri pendukung.