Ingin Ganti iPhone, Lakukan Hal Penting Ini Lebih Dulu

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Banyak alasan seseorang untuk mengganti iPhone atau gawai miliknya. Update gadget baru, atau mengganti gawai yang hilang bisa jadi penyebabnya.

Sebelum menjual atau menggantikan perangkat iOS ada beberapa hal yang perlu dilakukan pada iPhone, iPad dan iPod Touch. Yang pertama adalah cadangkan data yang diperlukan.

baca juga: Apple Beri Update Terbaru Catalina untuk Perbaikan Celah Keamanan

Ada 2 cara untuk mencadangkan data di perangkat iOS: manual dan otomatis. Cara manual misalnya transfer data dari Camera Roll ke komputer Mac dengan beberapa cara yang pernah tim MakeMac bagikan.

Sedangkan cara otomatis adalah menggunakan fitur Backup iPhone dari Apple. Fitur ini terbagi 2 yaitu iCloud Backup dan iTunes Backup.

baca juga: Fitur Baru Facebook Buat Menghapus Unggahan Makin Mudah

Berikutnya adalah dengan mematikan pengaturan Find My iPhone. Pengaturan Find My iPhone di perangkat iOS harus dimatikan sebelum melakukan pengaturan berikutnya yaitu logout Apple ID.

Cara mematikan pengaturan Find My iPhone juga sangat mudah. Bagi pengguna iOS 12, masuk ke bagian Settings - Profile Masuk ke bagian iCloud. Cari pengaturan Find My iPhone.
Masuk ke bagian Find My iPhone dan matikan pengaturannya. Pengguna akan diminta untuk memasukkan password iCloud.

baca juga: Microsoft Gantikan Kerja Jurnalis dengan Kecerdasan Buatan

Logout akun iCloud dan iTunes Store. Akun iCloud dan iTunes Store harus dikeluarkan untuk memastikan tidak ada akses ke akun pribadi setelah perangkat iPhone, iPad atua iPod Touch dijual.

Cara Logout akun iCloud dengan masuk ke aplikasi Settings - Profile lalu Scroll ke bagian paling bawah dan pilh Sign Out.
Masukkan informasi Appple ID dan Password yang digunakan. Setelah itu tekan Sign Out dan ikuti beberapa pengaturan tambahan lain.

baca juga: Zoom Bakal Perketat Keamanan untuk Aplikasi Berbayar

Untuk Logout via iTunes Store bisa dilakukan dengan masuk ke aplikasi Settings. kemudian scroll dan cari pengaturan iTunes & App Store. Tekan di bagian Apple ID, pilih Sign Out.

Setelah semua data diamankan dan akun dikeluarkan dari perangkat, tinggal menghapus semua pengaturan dan aplikasi yang ada di perangkat iOS.

Caranya ada dua. Pertama adalah metode Restore lewat iTunes. Cara ini memerlukan perangkat komputer yang terinstal iTunes, kabel data dan koneksi internet. Dengan cara Restore, perangkat iOS akan dikembalikan ke pengaturan awal dari pabrik dan berada dalam versi iOS terbaru saat itu.

Cara kedua adalah menggunakan pengaturan Erase All Content and Settings. Dengan cara ini pengguna juga akan mendapatkan perangkat iOS dalam mode pengaturan awal dari pabrik namun tetap dalam versi iOS yang saat itu digunakan. Caranya masuk ke bagian Settings - General - Reset - Erase All Content and Settings.

Penulis: Ramadhani