Sejumlah Gawai Lawas Bakal Tak Dapat iOS Terbaru

"iOS 13 ini tidak akan hadir untuk iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6 serta iPhone 6 Plus."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sistem terbaru yang sedang disiapkan Apple untuk perangkat iOS diberitakan tidak akan mendukung beberapa gawai lawas. Dilansir dari iPhonesoft.fr iOS 13 ini tidak akan hadir untuk iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6 serta iPhone 6 Plus.

Pertama kali dirilis tahun 2014, baik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menjadi seri iPhone dengan penjualan terbaik. Jika rumor ini benar adanya, maka pengguna yang masih menggunakan seri-seri tersebut terpaksa harus gigit jari.

Pasalnya update ini rencananya akan hadir bulan September tahun ini. Otomatis akan ada jutaan unit iPhone yang tidak lagi mendukung iOS terbaru.

Telebih lagi pengguna iPhone SE, seri yang baru berumur 3 tahun ini juga kabarnya akan berhenti mendapatkan update. Lebih lanjut, kemungkinan Apple akan berhenti memberikan dukungan iOS baru untuk iPhone dengan layar 4 inci.

Untuk produk iPad juga ada beberapa seri yang akan kabarnya berhenti mendapat update. Di antaranya iPad mini 2 dan iPad Air. Dimana iPad Air sendiri rilis di tahun yang sama dengan iPhone 5s yaitu tahun 2015. Informasi ini belum dikonfirmasi oleh Apple. Kepastiannya mungkin akan diumumkan saat WWDC bulan depan nanti.