Ini Cara Kalibrasi Baterai Ponsel

"kalibrasi ini perlu dilakukan agar kondisi baterai bisa tetap terjaga dengan baik"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pernah mendengar kalibrasi baterai? Kalibrasi baterai adalah proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi dapat membaca kapasitas baterai seperti seharusnya.

Sejumlah sumber mengatakan kalibrasi ini perlu dilakukan agar kondisi baterai bisa tetap terjaga dengan baik. Secara sederhana, cara kalibrasi baterai dilakukan dengan menggunakan baterai hingga kosong kembali mengisinya hingga penuh. Lazimnya kalibrasi ini dilakukan pada perangkat iPhone.

Kalibrasi dilakukan dengan menggunakan iPhone seperti biasa, habiskan baterainya hingga perangkat mati secara otomatis. Diamkan iPhone dengan baterai yang kosong selama minimal 2 jam. Langkah ini dilakukan untuk memastikan semua listrik sudah berhenti, baterai dalam kondisi kosong dan dingin.

Setelah itu hubungkan perangkat iPhone ke kabel data dan power adapter untuk mengisi baterai. Perangkat iPhone akan menyala otomatis saat pengisian baterai. Usahakan untuk tidak menggunakan perangkat selama pengisian baterai hingga 1 jam setelah mencapai 100%. Hanya saja hingga kini Apple tidak punya tampilan atau keterangan bahwa kamu berhasil melakukan kalibrasi baterai iPhone.