Pengamat Sebut iPhone 5G Dirilis Tahun Depan

" modem 5G untuk iPhone akan disuplai oleh dua perusahaan, yakni Qualcomm dan Samsung"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple diprediksi akan merilis iPhone 5G pada tahun 2020. Hal ini disampaikan pengamat teknologi kenamaan dari TF International Securities, Ming-Chi Kuo.

Dalam catatan penelitiannya, Kuo mengatakan bahwa modem 5G untuk iPhone akan disuplai oleh dua perusahaan, yakni Qualcomm dan Samsung. Mengenai alasan penggunaan dua pemasok modem 5G, hal ini tidak terlepas dari perbedaan pada frekuensi jaringan dan efisiensi biaya produksi.

"Apple kemungkinan akan mengadopsi chip baseband 5G yang dibuat oleh Qualcomm (fokus pada pasar mmWave) dan Samsung (fokus pada pasar Sub-6GHz) untuk menurunkan risiko pasokan, mengurangi biaya dan memiliki posisi tawar yang lebih baik," tulis Kuo dalam catatannya, dilansir dari CNBC.

Kuo juga memperkirakan bahwa permintaan pasar akan iPhone 5G termasuk tinggi. Dalam perhitungannya, Apple setidaknya akan mengapalkan 195-200 juta unit iPhone 5G. Hadirnya modem 5G akan berdampak pada perubahan desain komponen iPhone secara signifikan, terutama untuk bagian baseband chip, antena, RF-front end, hingga mainboard.

Sedangkan untuk tanggal rilis iPhone 5G, Kuo memprediksi bahwa ponsel flagship Apple tersebut akan meluncur pada September tahun 2020.