Ini Dia 10 Gim Terlaris Sepanjang Masa

Tokoh game klasik.
Tokoh game klasik. (net)

KLIKPOSITIF -- Gim selalu menemani kita untuk menghilangkan rasa stres atau sebagai objek pengisi waktu lauang kita. Gim terlaris sepanjang masa akan sangat familiar bagi gamer yang aditif memainkannya. Nintendo dianggap sebagai konsol yang mendominasi di tahun 90-an.

Sementara perang konsol yang lebih ringan mendominasi penjualan di masa sekarang. Dengan menggali laporan keuangan, berita, dan tingkat kepopuleran suatu gim , kita bisa mengetahui daftar gim terlaris sepanjang masa.

baca juga: Facebook Bikin Collab, Aplikasi Mirip TikTok

Unduhan gratis tidak dihitung sebagai penjualan, oleh karena itu tidak termasuk gim seperti Fortnite dan League of Legends. Berikut 10 game terlaris sepanjang masa dilansir dari IGN:

10. Diablo III (Lebih dari 30 juta unit)
Dirilis pada 15 Mei 2012. Gim ini bisa dimainkan di PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Xbox 360, PlayStation 3, PC. Menurut Activision Blizzard, Diablo III terjual 30 juta kopi pada tiga tahun setelah perilisan awalnya.

baca juga: iPhone 11 Dinobatkan Sebagai Ponsel Pintar Terpopuler di Dunia

Versi Nintendo Switch kemudian dirilis pada November 2018. Mengingat total penjualan belum dilaporkan dalam hampir empat tahun, penjualan total Diablo III bisa beberapa juta kopi lebih tinggi.

9. Wii Sports Resort. (33 juta unit)
Dirilis pada 25 Juni 2009. Gim ini bisa dimainkan di Nintendo Wii. Wii Sports Resort adalah gim Wii terlaris ketiga sepanjang masa, menurut angka resmi Nintendo. Ini adalah video game sport yang menampilkan resor pantai di kepulauan bernama Wuhu Island. Terdapat 12 olahraga yang menarik untuk dimainkan.

baca juga: Miliran Ponsel Android Berpotensi Diretas

8. Mario Kart Wii (37.14 juta)
Dirilis pada 10 April 2018. Gim ini dapat dinikmati melalui platform Nintendo. Angka penjualan resmi ini datang langsung dari Nintendo. Angka tersebut menjadikan Mario Kart Wii sebagai gim terlaris kedua konsol Nintendo sepanjang masa.

Gim ini merupakan gim berorientasi balap multi-player dengan menempatkan tokoh Mario sebagai tokoh utamanya.

baca juga: Activision Blizzard Akan Rilis Game Call of Duty Baru

7. Super Mario Bros (Lebih dari 40 juta unit)
Dirilis pada 13 September 1985. Gim ini termasuk gim yang dimainkan oleh seluruh umat manusia. Bisa dimainkan di NES/Famicom, Game Boy Advance, Virtual Console (Nintendo Wii, Wii U, 3DS). Gim ini menjadikan Mario sebagai tokoh paling dikenal oleh generasi 70-an hingga 90-an.

Menurut Guinness World Records, penjualan Super Mario Bros telah menyentuh angka lebih dari 40 juta unit. Itu juga menjadikannya tokoh yang paling banyak diingat ketika memainkan di konsol.

6. Pokemon Red/Blue/Green/Yellow (Lenih dari 45 juta unit)
Dirilis pada 27 Februari 1996, Pokemon bisa dimainkan di Game Boy, Virtual Console (Nintendo 3DS). Di Jepang, game ini sangat legendaris dan tersedia dalam dua versi pada peluncuran awal yaitu Pokemon Red dan Pokemon Green.

Versi Pokemon Yellow (Special Pikachu Edition) mulai meluncur antara tahun 1998 dan 2000, tergantung wilayah negara bersangkutan. Selain Mario, tokoh Pokemon juga digemari oleh gamer klasik berkat game ini.

5. Playerunknown's Battlegrounds atau PUBG (lebih dari 50 juta unit)
Dirilis pada 23 Maret 2017 dan dimainkan di platform PlayStation 4, Xbox One, PC, Mobile (game ree-to-play tidak termasuk dalam total penjualan).

Pada Juni 2018, PUBG mencapai penjualan sebanyak 50 juta unit. Itu menjadikannya sebagai gim kelima terlaris sepanjang masa. Di waktu yang sama, PUBG dan PUBG Mobile memiliki total 400 juta pemain yang terdaftar.

4. Wii Sports (82.86 juta unit)
Dirilis pada 19 November 2006 dan hanya bisa dimainkan di Nintendo Wii. Menurut angka penjualan resmi Nintendo, Wii Sports adalah gim terlaris perusahaan yang pernah ada. Sebanyak 82,86 juta kopi gim terjual menjadikannya sebagai platform tunggal terlaris eksklusif sepanjang masa.

3. Grand Theft Auto V (Lebih dari 100 juta)
Dirilis pada 17 September 2013, GTA V banyak dimainkan PlayStation 4, Xbox One, Xbox 360, PlayStation 3, PC. Pada bulan November 2018, Grand Theft Auto V menjadi video gim terlaris ketiga setelah mengumumkan bahwa 100 juta kopi gim mereka telah terjual.

Pada April 2018, perusahaan mengumumkan bahwa GTA V menghasilkan pendapatan lebih dari 6 miliar dolar AS atau Rp 84,5 triliun. Pendapatan tersebut lebih dari franchise tunggal gim , buku atau bahkan film.

2. Minecraft (lebih dari 154 juta kopi)
Dirilis pada 17 Mei 2019 (Versi Klasik). Minecraft bisa dimainkan di PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Xbox 360, PlayStation 3, Nintendo Wii U, Nintendo Wii, Nintendo 3DS, PlayStation Vita, PC.

Pada Oktober 2018, Microsoft mengumumkan Minecraft telah terjual hingga 154 juta kopi. Itu menjadikannya sebagai gim terlaris sepanjang masa kedua. Minecraft memiliki tambahan 100 juta pemain di China, sehingga jumlah total pemainnya menjadi lebih dari 250 juta.

Dengan film, Netflix, buku, mainan dan proyek lainnya, Minecraft melampaui kesuksesan gim mana pun yang pernah ada.

1. Tetris (Lebih dari 500 juta kopi)
Dirilis pada 6 Juni 1984, Tetris bisa dimainkan di hampir semua platform. Bisa dibilang, Tetris sebagai video game abadi yang pernah dibuat. Awalnya dirilis untuk komputer Elektronika 60 yang dikembangkan Uni Soviet, variasi dari teka-teki klasik telah dibuat untuk lebih dari 50 platform yang berbeda.

Itu membantu Game Boy sukses di zamannya, hingga akhirnya konsol berhasil terjual 35 juta kopi. The Tetris Company mengatakan bahwa Tetris memiliki 425 juta unduhan seluler berbayar. Mereka juga memiliki 70 juta penjualan game fisik.

Mengingat angka itu dilaporkan pada tahun 2014, aman untuk mengasumsikan bahwa Tetris sudah terjual lebih dari 495 juta unit atau bahkan melebihi 500 juta unit.

Itulah tadi 10 game terlaris sepanjang masa, mana yang sering kamu mainkan? (*)

sumber: HiTekno

Penulis: Agusmanto