Ini Cara Membersihkan File Other di Storage iOS 12

"Kategori Other di iPhone Storage adalah kelompok dokumen di luar kategori yang sudah tersedia."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Ada kalanya perangkat iPhone sering menampilkan pesan bahwa kapasitas penyimpanan penuh. Jika dilihat lebih teliti, ternyata ada bagian bernama Other yang menggunakan banyak kapasitas penyimpanan.

Untuk memeriksa kapasitas penyimpanan atau iPhone Storage di iOS 12, caranya masuk ke Settings - General - iPhone Storage. Secara kategori, grafik untuk iPhone Storage terbagi menjadi Apps, Media, Photos, Books, Mail, Other dan lain sebagainya.

Pengguna juga akan menemukan bagian Other di iPhone Storage. Kategori Other di iPhone Storage adalah kelompok dokumen di luar kategori yang sudah tersedia. Beberapa contohnya adalah data dari system files, caches, Siri Voices, logs dan dokumen lainnya.

Dokumen yang dimaksud adalah cache dari konten musik atau video yang biasa ditonton dalam mode streaming. Data lain yang juga tersimpan di Other adalah cache dari Safari.

Pengguna tidak bisa menghapus dokumen iPhone Storage di bagian Other, namun bisa mengurangi ukurannya dengan beberapa cara. Yang pertama dengan menghapus History and Website Data di Safari. Caranya dengan masuk ke Settings - Safari - Clear History and Website Data.

Jika tidak memerlukan data chat dari app Messages dalam waktu yang sangat panjang, silakan masuk ke pengaturan Settings - Messages - Message History. Ubah pengaturan dari Forever menjadi 1 Year atau 30 Days.

Cara lainnya adalah dengan menghapus aplikasi dengan banyak Cache. Beberapa aplikasi yang mendukung mode unduh konten, biasanya akan mendaftarkan konten tersebut di bagian Other. Cara termudah adalah hapus konten tersebut atau sekaligus hapus aplikasinya dan kembali unduh.

Cara terakhir adalah Restore. Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan ukuran Other di iPhone Storage iOS 12 masih belum sesuai keinginan maka jalan terakhir adalah melakukan Restore.