Sering Dibajak, Ini Daftar Password yang Banyak Digunakan Orang

"123456 menjadi password yang paling sering diretas karena dialami oleh 23 juta akun"
ilustrasi password dijebol (net)

KLIKPOSITIF -- Badan keamanan siber Inggris, National Cyber Security Centre (NCSC) baru saja merilis daftar password akun online yang paling sering dibajak atau kena hack.

Sebelum sampai pada hasil akhir riset, NCSC mengumpulkan data dengan menganalisis database publik yang berisi akun-akun yang pernah dibobol untuk melihat kombinasi kata dan angka yang banyak digunakan sebagai password.

Hasilnya, 123456 menjadi password yang paling sering diretas karena dialami oleh 23 juta akun. Sedangkan di posisi kedua ada password 123456789 dengan jumlah 7,7 juta akun. Sedangkan tiga lainnya melengkapi daftar lima teratas password yang sering dibajak adalah 'qwerty', 'password' dan '1111111'.

Menariknya, NCSC juga mencatat bahwa terdapat password yang menggunakan nama pengguna akun, seperti Ashley, Michael, Daniel, Jessica dan Charlie. Lebih mengerucut lagi, riset NCSC menunjukkan bahwa beberapa pemilik akun online menjadikan band atau klub sepakbola favorit mereka sebagai password.

Untuk password klub sepak bola yang paling mudah ditebak adalah Liverpool, sedangkan Blink-182 merupakan password yang diambil dari nama band yang paling sering diretas.

Technical Director NCSC, Ian Levy menghimbau kepada para pemilik akun online untuk tidak menggunakan kata yang dikenal secara umum atau nama sebagai sandi atau password akun online mereka. Kepada pemilik akun, cobalah untuk menggunakan password yang terdiri dari tiga kata acak, namun mudah diingat.

"Tidak ada orang yang bisa melindungi data sensitif dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan mereka, tim sepakbola lokal atau band favorit," tegas Levy. (*)

sumber: Suara.com