Tidak Dirilis di 2019, Ini Sedikit Bocoran tentang PlayStation 5

"konsol generasi selanjutnya ini akan tetap hadir dengan slot disk dan bukan konsol game download only"
Sony Playstation 5 (net)

KLIKPOSITIF -- Kabar mengenai Sony akan menghadirkan konsol penerus dari PS4, yaitu PlayStation 5 (PS5) telah beredar sejak beberapa bulan terakhir. Namun, tampaknya konsol game tersebut tidak akan rilis di tahun 2019.

Informasi ini sendiri dibeberkan oleh Mark Cerny, seorang arsitek dari PS4 yang juga akan bertanggung jawab pada PS5. Dilansir dari Wired, konsol PS5 telah dirakit selama 4 tahun terakhir.

Nantinya, konsol itu akan membawa GPU custom Radeon Navi yang mendukung Ray-tracing yang tidak hanya mendukung visual dan cahaya tetapi juga audio. CPU PS5 akan menggunakan generasi ke-3 AMD Ryzen 8 Core dengan fabrikasi 7nm, microarchitecture Zen 2.

Telah menggunakan SSD, disebutkan bahwa bandwith SSD pS5 mendukung bandwith yang lebih besar dari kebanyakan SSD di PC. Konsol ini juga telah mendukung resolusi 8K.

Mark Cerny juga mengatakan bahwa development kit sudah dibagikan ke beberapa studio game untuk melakukan pengujian. Meskipun development kit PS5 masih dalam tahap "low-speed" dan belum final, demonstrasi yang dilakukan pada game Marvel berjudul Spider-Man memiliki loading yang lebih cepat.

Nantinya, konsol generasi selanjutnya ini akan tetap hadir dengan slot disk dan bukan konsol game download only. Beberapa game dari PS4 juga dikabarkan akan hadir di PS5.

Sementara itu, untuk konsol game PSVR generasi selanjutnya, Mark Cerny masih enggan untuk memberikan keterangan. Sayangnya, ia juga tidak memberikan informasi kapan Sony berencana untuk meluncurkan konsol tersebut serta prediksi harga yang ditetapkan. (*)

sumber: HiTekno