Seteru Berakhir, Qualcomm Siap Sediakan Chip 5G iPhone 2020

"Qualcomm hanya menyanggupi memproduksi chip 5G untuk iPhone yang akan diluncurkan pada 2020."
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Setelah berdamai dengan Apple, Qualcomm menyatakan bersedia produksi chip 5G untuk iPhone pada 2020. Dilansir dari Nikkei, Qualcomm hanya menyanggupi memproduksi chip 5G untuk iPhone yang akan diluncurkan pada 2020.

Hal ini karena sudah tidak cukup waktu bagi Qualcomm untuk menyiapkan di tahun 2019. Dengan kesepakatan ini, masa depan chip 5G Apple menunjukkan titik terang.

Apple dan Qualcomm resmi menghentikan proses litigasi alias perselisihan hukum di pengadilan. Sebagai niat baiknya, Apple menghentikan perang ini dengan melakukan pembayaran kepada Qualcomm. Ini menandakan Perselisihan Apple dan Qualcomm selama beberapa tahun bisa menemukan solusi.

Proses damai ini juga diawali dengan perjanjian lisensi untuk 6 tahun mendatang, resmi berjalan mulai 1 April 2019. Ada 2 poin lain yang dijelaskan Apple dalam catatan tersebut. Penyelesaian sengketa ini mencakup pembayaran dari Apple ke Qualcomm. Kedua perusahaan juga telah mencapai perjanjian lisensi enam tahun, berlaku mulai 1 April 2019, termasuk opsi dua tahun untuk memperpanjang, dan perjanjian pasokan chipset multiyear.

Selain itu juga disepakati, pertama, perjanjian ini akan mengakhiri semua litigasi yang sedang berlangsung, termasuk dengan produsen kontrak Apple. Kedua, perusahaan telah mencapai perjanjian lisensi untuk paten global dan perjanjian pasokan chipset.

Perang paten antara Apple dan Qualcomm sudah berjalan sejak dua tahun terakhir. Masalah ini diawali oleh Qualcomm yang membebankan biaya penggunaan paten teknologinya secara tidak wajar kepada Apple. Di sisi Apple, terlihat bahwa Qualcomm berusaha melakukan monopoli dan membuat semua produsen smartphone untuk menuruti permintaan mereka.