Uji Keamanan, Tesla Sengaja Diretas

"Sekelompok peretas berhasil memecahkan sistem keamanan Tesla Model 3"
Tesla Roaster (net)

KLIKPOSITIF-Sekelompok peretas berhasil memecahkan sistem keamanan Tesla Model 3. Peretasan ini merupakan salah satu upaya yang sengaja digelar Tesla di Vancouver, Kanada, untuk menguji sistem keamanan produk mereka.

Wakil Presiden Software Tesla David Lau mengatakan, bahwa pihaknya menghargai upaya yang dilakukan kelompok peretas. Dengan demikian, perusahaan bisa mengembangkan mobil dengan standar keamanan tertinggi dalam segala hal.

"Pekerjaan kami dengan komunitas riset keamanan sangatlah berharga. Kami berharap bisa mempelajarinya," ujar David Lau, seperti dikutip dari Electrec

Meski berhasil diretas, Tesla tergolong sebagai perusahaan cukup tanggap untuk memperbaiki kerentanan yang diekspos kelompok peretas tadi. Bukan sekali ini Tesla berurusan dengan soal peretasan. Contohnya pada 2016, saat terbetik laporan dari kelompok peretas bernama Whitehat di Cina yang meretas Tesla Model S dari jarak jauh melalui hotspot Wi-Fi berbahaya.

Hal ini diyakini sebagai peretasan jarak jauh pertama yang mampu membobol Tesla.Para peretas melaporkan kerentanan terhadap Tesla sebelum hal itu terdengar publik. Kemudian produsen mobil listrik asal Amerika Serikat ini langsung melakukan pembaruan.

Dalam mengembangkan produknya, ide Tesla Incorporation kadang tergolong nyentrik. Jangan heran, karena Elon Musk, sang Chief Executive Officer (CEO) Tesla juga sosok berpemikiran unik. Dalam beberapa tahun terakhir, Tesla memang aktif menjalankan program untuk mencari tahu apakah perangkat lunak yang disematkan pada produk mereka termasuk model cacat desain.

Termasuk untuk urusan peretasan ini, perusahaan memberikan hadiah ratusan ribu dolar bagi mereka yang berhasil memecahkan sistem keamanan Tesla. Namun perusahaan menegaskan bila kompetisi tidak akan menghilangkan atau menghanguskan garansi walaupun Tesla Model 3 telah diujicoba untuk diretas.