Selfseal, Ban Michelin yang Mampu Menyembuhkan Diri Sendiri

"Ban produksi Michelin ini memiliki teknologi selfhealing atau mampu menyembuhkan diri sendiri ketika mengalami kebocoran."
Selfseal Michelin (net)

KLIKPOSITIF-Ford Explorer disebut menjadi SUV pertama di dunia yang menggunakan ban canggih yang dijuluki Selfseal. Ban produksi Michelin ini memiliki teknologi selfhealing atau mampu menyembuhkan diri sendiri ketika mengalami kebocoran.

Michelin mengatakan ban Selfseal dilapisi dengan sealant, yang dirancang untuk mengisi lubang akibat tertusuk benda tajam hingga diameter seperempat inci (6,35 cm). Lapisan penambal ini mampu mengurangi kehilangan tekanan udara menjadi kurang dari 1,02 atmosfer setiap pekan.

Berkat teknologi ini pengemudi tak perlu cemas untuk melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan meski ban sudah diketahui tertusuk benda tajam. Untuk Michelin Selfseal yang disematkan pada Ford Explorer berukuran 255/55 R20.

Ban ini merupakan perlengkapan standar untuk Explorer tipe Platinum dan Limited Hybrid four-wheel drive, dan opsional untuk tipe Limited berpenggerak roda dua dan empat roda. Tapi meski sudah dilengkapi ban canggih, Explorer tetap mengusung ban cadangan seperti umumnya.