Qualcomm Siapkan Chipset untuk Kamera 100MP

"tren kamera tahun 2019 akan membawa ponsel pada sebuah perlombaan adu kekuatan kamera."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pada tahun mendatang, chipset produksi Qualcomm diprediksi memungkinkan untuk menggerakkan ponsel berkamera 64 MP hingga 100 MP. Senior Director of Product Management Qualcomm, Judd Heape, mengatakan bahwa tren kamera tahun 2019 akan membawa ponsel pada sebuah perlombaan adu kekuatan kamera.

Dia mengatakan vendor berlomba-lomba untuk membuat ponsel dengan resolusi kamera yang besar. Ia menjelaskan bahwa para vendor ponsel sedang menjalin kerjasama dengan produsen sensor kamera agar bisa merilis ponsel dengan resolusi 64 MP bahkan 100 MP, sehingga mereka bisa merilis ponsel tersebut pada akhir tahun ini.

Hanya saja Heape enggan menyebutkan merek atau vendor mana saja yang sedang menggarap ponsel dengan kekuatan kamera hingga 100 MP. Heape secara pribadi lebih menyukai ponsel yang memiliki resolusi besar daripada ponsel yang memiliki banyak sensor.

Menurutnya, besarnya resolusi kamera pada ponsel lebih berpengaruh pada kualitas foto yang dihasilkan. Belum lama ini, rumor mengatakan bahwa Qualcomm sudah memperbarui beberapa fiturnya untuk seri chipset tertentu. Snapdragon 660, 670, 675, 710, 845, dan 855 pun disebut-sebut bisa menggerakkan kamera ponsel beresolusi 192 MP.