Disebut Spotify Memonopoli, Ini Kata Apple

"Klaim Spotify mengenai fitur musik eksklusif di Apple Watch dengan Apple Music juga dianggap salah"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Spotify sebelumnya telah mengklaim bahwa Apple memblokir beragam akses mereka, kepada pelanggan atau fitur di Apple. Apple dengan cepat memberikan responnya di laman Apple Newsroom.

Apple mengatakan bahwa Spotify bebas menentukan model bisnis yang akan digunakan oleh perusahaan mereka.m Namun Apple punya kewajiban untuk memberikan respon mengenai laporan yang Spotify berikan.

Saat Apple membuka akses Siri dan AirPlay 2 untuk pengembang pihak ketiga, Spotify sudah mendapatkan informasi tersebut dan Apple siap membantu jika diperlukan. Spotify telah terintegrasi dengan CarPlay. Beragam akses pengembangan dan sumber daya aplikasi bisa diakses oleh tim Spotify, sama seperti standar yang dimiliki pengembang lain.

Klaim Spotify mengenai fitur musik eksklusif di Apple Watch dengan Apple Music juga dianggap salah. Apple mengatakan bahwa aplikasi Spotify untuk Apple Watch sudah tersedia di App Store dan proses pendaftarannya juga sangat cepat. Bahkan saat ini Spotify menjadi aplikasi kategori Watch Music paling populer.

Apple mengatakan bahwa 84% dari semua aplikasi di App Store tidak membayar apapun ke Apple saat pengguna mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Potongan 30% ini akan berubah menjadi 15% saja jika pengembang berhasil membuat pelanggannya terus berlangganan hingga tahun kedua. Apple juga menjelaskan bahwa pengguna Spotify gratis di App Store, tidak memberikan kontribusi apapun untuk pendapatan App Store.

Setelah itu Apple memberika fakta bahwa banyak pengguna Spotify Premium di App Store berasal dari promosi atau kemitraan mereka dengan operator selular. Hal ini juga termasuk kategori yang tidak memberikan kontribusi ke App Store.

Apple menyampaikan bahwa pengguna Spotify yang membayar lewat in-app purchase ada dalam jumlah sangat kecil. Namun Spotify ingin jumlahnya menjadi nol.