Elons Musk: Tesla Bangun Model Y di Cina

"pabrik Tesla Incorporation di Negeri Tirai Bambu akan berlokasi di Shanghai"
ilustrasi: mobil listrik Tesla (net)

KLIKPOSITIF-Bos Tesla Elon Musk mengungkapkan jika timnya sedang membangun produk baru di Cina. Dilansir dari media di Beijing Elon mengatakan betapa bakal serunya Tesla Incorporation meracik produk terbaru mereka, Tesla Model Y.

"Kami punya tim besar di Cina yang sedang merealisasikan produk baru versi harga terjangkau, yaitu Model 3 dan Model Y untuk pasar Cina," ujarnya.

Elon Musk yang baru saja mencetak sukses dengan keberhasilan pesawat angkasa luarnya, SpaceX, menyebutkan bahwa pabrik Tesla Incorporation di Negeri Tirai Bambu akan berlokasi di Shanghai. Peletakan batu pertama berlangsung awal 2019 serta diharapkan mampu berproduksi menjelang akhir tahun.

Pabrik baru di Shanghai ini jauh lebih besar dari pada pabrik Tesla di Fremont, California dan Gigafactory di Nevada, Amerika Serikat. Di pabrik Shanghai ini terdapat satu ruang produksi yang mampu menghasilkan dua unit kendaraan sekaligus. Rencananya, sebelum memproduksi Tesla Model Y, akan diproduksi terlebih dahulu Tesla Model 3.

Mobil listrik alias mobtrik atau Electric Vehicle (EV) Tesla Model Y mampu melaju sampai sejauh 483 km dengan bahan bakar baterai sekali pengisian alias single charge. Sedangkan kecepatan akselerasi antara 0 - 100 km per jam mampu dicapai dalam 5,5 detik, dan kecepatan maksimum adalah 210 km per jam.

Diberi label senilai 47 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 670 juta, Tesla Model Y diperkirakan memasuki pasar otomotif global menjelang musim gugur 2020.