Google Siapkan Teknologi Layar Lipat

"Paten teknologi layar lipat yang didaftarkan Google menunjukkan layar terlipat dengan dua lipatan dan membentuk huruf Z"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Google segera ikut bersaing dalam teknologi layar lipat. Hal ini diketahui dari sebuah paten yang diajukan Google.

Paten ini menunjukkan bahwa perusahaan teknologi raksasa itu tengah bereksperimen dengan pembuatan perangkat dengan layar lipat, seperti yang telah direalisasikan Samsung dan Huawei. Paten yang ditemukan Patently Mobile dalam Patentscope itu menunjukkan metode yang digunakan Google untuk membuat panel OLED yang dapat ditekuk berulang kali.

Paten Google memperlihatkan bahwa perangkat tersebut nantinya dapat terlipat dengan dua lipatan dan membentuk huruf "Z". Meski begitu, tidak ada kejelasan apakah Google akan benar-benar merealisasikan desain dari paten tersebut atau tidak, mengingat ketahanan layar dari perangkat yang dapat dilipat masih menjadi tanda tanya besar.

Samsung sendiri mengatakan bahwa Galaxy Fold miliknya mampu bertahan dengan ratusan ribu lipatan, sementara itu produsen Gorilla Glass Corning sedang mengembangkan layar kaca yang dapat dilipat dan diharapkan akan lebih tahan lama daripada plastik.

Dalam paten tersebut Google bahkan tidak menyebutkan kata "smartphone" sekalipun. Paten tersebut lebih merujuk pada "perangkat komputasi modern". Dengan kata lain, perangkat layar lipat tersebut mungkin bisa berbentuk smartphone, tablet, atau bahkan laptop.

Menurut The Verge, minat Google terhadap smartphone layar lipat sejauh ini berfokus pada aspek perangkat lunak. Hal ini terlihat dari penambahan dukungan untuk layar lipat ke Android pada November lalu dan bekerja sama dengan Samsung untuk memastikan bahwa Android akan berfungsi dengan baik pada Galaxy Fold. Pihak Google sendiri belum memberikan komentar resmi mengenai desain paten tersebut.