Apple Tingkat Kualitas Audio iMessage di iOS dan macOS

"Perubahan ini dilakukan secara diam-diam pada pada iOS 12.2 dan macOS Mojave 10.14.4."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple telah mengubah format dokumen untuk pesan suara di iMessage. Perubahan ini dilakukan secara diam-diam pada pada iOS 12.2 dan macOS Mojave 10.14.4.

Keduanya saat ini masih ada dalam tahap pengembangan atau versi Beta. Dilansir dari sebelumnya dokumen pesan suara di Message menggunakan format .CAF di 8000Hz. Sedangkan di format barunya, sekarang menggunakan format .AMR di 24000 Hz.

Dokumen suara yang menggunakan format .AMR memberikan kualitas suara yang lebih tajam, lebih jernih dan lebih keras dibandingkan format dokumen sebelumnya. Untuk mendapatkan format pesan suara .AMR, pengguna harus mengirim lewat iOS 12.2 atau macOS Mojave 10.14.4.

Di sisi penerima juga harus menggunakan sistem operasi yang sama, jika masih menggunakan iOS 12.1 misalnya, format dokumen pesan suara akan otomatis dikonversi ke tipe dokumen yang lama. Karena kualitas yang lebih baik, tentunya pesan suara di iMessage dengan format .AMR akan memerlukan ruang penyimpanan lebih besar.

Namun ini bukan masalah besar karena pengguna bisa menggunakan pengaturan hapus otomatis untuk konten pesan suara di iMessage setelah waktu tertentu.