Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless

"Pengguna harus rajin melakukan pengecekan angin"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Penggunaan ban model tubeless telah menjadi pilihan banyak pengendara roda dua. Meski sudah berteknologi tubeless, ban ini tetap memerlukan perhatian khusus dari para pengendara R2.

Agar usia pakai tetap awet dan tahan lama ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah rajin melakukan pengecekan angin. Ini kuncinya bila ingin usia ban awet dan kuat, yaitu harus rajin cek angin.

Tidak ada batas maksimal untuk melakukan penambalan atas ban tubeless bila terjadi kebocoran. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran bocor. Bila bocornya di samping dan susah ditambal, maka harus diganti. Untuk jumlah tambalan, relatif banyaknya. Namun bila sudah terlalu banyak juga harus diganti.

Pengendara sepeda motor disarankan mengisi angin ban tubeless dengan nitrogen agar lebih awet. Angin pada nitrogen tidak mengandung uap air. Kalau angin biasa berasal dari kompresor dan mengandung uap air. Kalau angin biasa bannya cepat panas dan membuat pantulannya keras. Jika terlalu sering membawa beban berat, maka akan mempengaruhi usia pakai ban tubeless.