Curi Rahasia Dagang Apple, Huawei Dituntut Secara Hukum

"Salah satu produk Huawei yang disebutkan telah mencuri rahasia dagang milik Apple adalah perangkat Huawei MateBook Pro"
Huawei (net)

KLIKPOSITIF- Departemen Kehakiman Amerika Serikat telah mengumumkan serangkaian tuntutan pidana kepada produsen ponsel dari Tiongkok, Huawei. Dilansir dari laman The Information (via MacRumors), salah satu tuntutan yang diumumkan berhubungan dengan percobaan mencuri rahasia dagang milik Apple.

Dalam tuntutan itu disebutkan insinyur Huawei berusaha melacak penyuplai heart rate sensor yang digunakan Apple untuk membuat Apple Watch. Taktik yang digunakan Huawei adalah menawarkan kerjasama besar dengan penyuplai yang digunakan Apple.

Huawei ternyata meminta penyuplai tersebut membocorkan informasi seputar penggunaan heart rate sensor yang dipesan oleh Apple. Kabarnya Huawei punya program penghargaan untuk karyawan yang berhasil mencuri rahasia dagang dari pesaing mereka.

Penghargaan yang diberikan bisa berupa bonus gaji atau hal menarik lainnya untuk mendorong para karyawan melakukan kejahatan tersebut. Disebutkan juga jika Huawei telah datang ke beragam penyuplai sambil membawa data skematik yang mirip dengan milik Apple.

Salah satu produk Huawei yang disebutkan telah mencuri rahasia dagang milik Apple adalah perangkat Huawei MateBook Pro. Produk tersebut diklaim menggunakan desain yang sama dengan MacBook Pro tepatnya di bagian engsel yang menghubungkan layar dan mesin utama.

Dakwaan lain yang diberikan kepada Huawei meliputi tuduhan penipuan bank, kebohongan terhadap pemerintah, menghancurkan dokumen, memindahkan karyawan dalam posisi penting di AS kembali ke Tiongkok, menghalangi penyelidikan, dan lain sebagainya.