Batal Akuisisi Netflix, Pengamat: Apple Salah Langkah

"Apple dinilai harus membuka lapak bisnis baru untuk menyelamatkan perusahaan."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sejumlah pengamat menemukan kesalahan langkah bisnis yang diambil oleh CEO Apple Tim Cook. Daniel Ives, Managing Director perusahaan riset ekuitas Wedbush menilai kesalahan terbesar Tim Cook selama memimpin Apple adalah tidak mengakuisisi layanan streaming Netflix .

Daniel mengatakan Apple saat ini berada pada masa kegelapan bisnis seiring dengan kejayaan iPhone yang mulai terkikis serangan ponsel-ponsel besutan China. Oleh karena itu, Apple harus membuka lapak bisnis baru untuk menyelamatkan perusahaan.

"Mereka memerlukan konten sebagai bahan bakar. Mereka kekurangan konten orisinal dan konten video, sehingga kami yakin mereka akan membeli studio film besar di 2019. Bisa Sony, Lionsgate, CBS atau Viacom, demikian pula Netflix, sebagai kunci untuk memicu bisnis layanan mereka," ujar Daniel seperti dikutip dari CNBC.

Menurut Daniel kesalahan strategis terbesar Apple yang dilakukan sejak Cook memimpin adalah tidak kunjung membeli Netflix. Itu adalah deal yang mereka butuhkan karena semuanya tentang konten.

Analis dari J.P Morgan, Samik Chatterjee mengungkapkan bahwa seandainya Apple mengakuisisi Netflix, perusahaan akan berkembang lebih pesat karena memiliki anak usaha yang merajai bisnis layanan video streaming.