Cara Sederhana Memeilihara Rantai Sepeda Motor

"salah satu indikasinya putaran rantai sepeda motor terasa makin keras "
Rantai motor (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Rantai penggerak roda atau drive chain merupakan salah satu piranti penting pada sepeda motor. Jika putaran rantai sepeda motor terasa makin keras dan bunyi yang ditimbulkan makin terdengar tidak normal, itu tandanya rantai memerlukan perawatan.

Kejadian yang sering terjadi adalah rantai putus. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perawatan dan sudah waktunya umur rantai harus diganti tapi dipaksa. Memang banyak pengendara malas melakukan perawatan apalagi mengukur kerenggangan rantai.

Sebenarnya perawatan rantai cukup sederhana. Cukup sering dibersihkan dan dilakukan pengecekan secara rutin akan membuat kondisi rantai terpantau. Untuk membersihkan rantai disarankan menggunakan produk yang mampu membersihkan kotoran yang menempel pada rantai.

Membersihkan rantai sebaiknya dilakukan minimal satu minggu sekali. Memberi pelumas rantai yang tepat juga sangat dianjurkan. Sebaiknya tidak menggunakan oli, apalagi oli bekas. Gunakan pelumas khusus yang diproduksi untuk melancarkan putaran rantai.