Ini Cara Memeriksa Kinerja iPhone Lawas

"Seiring bertambahnya waktu, pengguna gadget sering mengeluhkan peforma perangkatnya yang makin lambat atau lemot"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Setiap tahun teknologi dan generasi baru ponsel pintar terus bertambah dan diperbarui. Seiring bertambahnya waktu, pengguna gadget sering mengeluhkan peforma perangkatnya yang makin lambat atau lemot. 

Bagi pengguna perangkat iOS, untuk mengetahui apakah perangkat iphone melambat karena hal ini atau hal lainnya bisa dilakukan. Berikut cara untuk mengetahuinya. 

Misalnya pengguna iPhone 5s dan merasa performa menurun di iOS 12, masalah ini terjadi bukan karena baterai yang bermasalah dan membuat CPU berjalan lambat. Memeriksa kesehatan baterai atau Health Battery. Semakin sering perangkat ponsel diisi ulang, digunakan dan beragam kegiatan yang dilakukan, Health Battery akan semakin menurun.

Jika sudah mencapai angka 50% sampai 60% Health Battery yang tersisa, performa CPU bisa menurun dan iPhone terasa lemot. Untuk memeriksanya bisa digunakan aplikasi pihak ketiga. Seperti Battery Life atau CoconutBattery yang ada di komputer Mac – hubungkan perangkat iOS ke komputer dan buka bagian iOS Devices pada Coconut Battery.

Bisa juga melihat hasil Benchmark. Laman Geekbench sebagai pembuat aplikasi Benchmark yang pastinya kamu tahu, punya catatan panjang untuk informasi hasil Benchmark pada iPhone normal dan yang mengalami masalah lemot karena baterai rusak. Contohnya untuk iPhone 6s, hasil Benchmark jika CPU normal alias berjalan dalam tenaga penuh adalah skor 2500. Sedangkan untuk iPhone 7 di angka 3500.