Masalah Airbag, Toyota Tarik 1,7 Juta Kendaraan

"inflator kantong udara Takata yang berpotensi menimbulkan masalah"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Toyota Motor Corporation melakukan penarikan atau recall 1,7 juta kendaraan produksinya. Penarikan ini akibat inflator kantong udara Takata yang berpotensi menimbulkan masalah.

Dilansir dari Reuters upaya Toyota ini adalah bagian dari kampanye multi-tahun soal penarikan kantong udara bermasalah. Adapun recall terbaru dari Toyota tadi meliputi model produksinya yang dibuat antara 2010 - 2015.

Dari jumlah itu sebanyak 1,3 juta unit berada di wilayah Amerika Serikat. Dilihat secara statistik, lebih dari 290 orang yang mengalami cedera di seluruh dunia dikaitkan dengan inflator Takata berpotensi mampu meledak serta menimbulkan pecahan logam dalam kabin kendaraan.

Totalnya, sebanyak 19 produsen kendaraan roda empat (R4) telah menarik lebih dari 100 juta inflator yang berpotensi rusak dari peredarannya di seluruh dunia. Perusahaan otomotif Honda dan Ford bahkan dikabarkan telah mendesak para pengguna produknya dengan usia kendaraan yang sudah lama, agar tidak menggunakan mobil mereka lagi, sampai inflator kantong udaranya diganti.

Berkait potensi masalah pada inflator, perusahaan Takata telah mengajukan perlindungan kebangkrutan pada Juni 2017. Dan April 2018, pembuat komponen Key Safety Systems mengakuisisi Takata. Perusahaan ini tergabung dalam Joyson Safety Systems, anak perusahaan dari Ningbo Joyson Electronic Corporation.