Ini Aplikasi Chating Terbaik dan Teraman di Tahun 2018

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

TEKNO, KLIKPOSITIF -- Ada berbagai jenis aplikasi chat yang ditawarkan oleh Google Play Store ataupun App Store, namun, beberapa aplikasi chat dianggap paling aman karena menawarkan fitur enkripsi end-to-end yang dapat mencegah peretasan.

Berikut ini lima aplikasi chat terenkripsi terbaik pada tahun 2018:

baca juga: Zoom Bakal Perketat Keamanan untuk Aplikasi Berbayar

1.WhatsApp

Menurut Tech Radar, aplikasi WhatsApp menggunakan protokol enkripsi super kuat. Berbeda dengan aplikasi lain, hanya pengguna WhatsApp yang akan mendapat peringatan jika fitur enkripsi end-to-end tidak diaplikasikan pada obrolan tertentu.

baca juga: Game Sludge Life Bisa Diakses Gratis Hingga 2021

Bahkan, sebagai anak dari perusahaan Facebook, WhatsApp dikabarkan lebih baik dari Facebook Messenger.

Facebook Messenger diklaim tidak menerapkan fitur enkripsi end-to-end secara default dan itu membuat aplikasi perpesanan tersebut tidak aman jika digunakan untuk obrolan yang bersifat rahasia.

baca juga: Facebook Bikin Collab, Aplikasi Mirip TikTok

2. Telegram

Telegram mungkin sama baiknya dengan WhatsApp, meskipun metode enkripsinya tidak open source dan belum diaudit dengan baik oleh ahli keamanan pihak ketiga.

baca juga: Twitter Tambahkan Fitur Schedule untuk Twitter Web

Walaupun enkripsi end-to-end tidak diatur secara default, pengguna dapat mengaktifkan mode Rahasia.

Tak hanya itu, Telegram juga dilengkapi dengan fitur seperti pesan hilang secara otomatis (self-destructing message), di mana pengguna dapat mengatur berapa lama pesan tersebut dapat diakses.

3. LINE

Memiliki sekitar 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia, aplikasi chat asal Jepang ini juga diklaim paling aman.

LINE menawarkan fitur enkripsi end-to-end dalam platformnya, di mana pengguna dapat memastikan fitur itu terpasang pada pojok kiri atas kolom chat di sebelah nama lawan chatting yang memiliki bentuk simbol gembok.

4. Facebook Messenger

Facebook Messenger memang tidak menerapkan enkripsi end-to-end secara default, tetapi pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut melalui pengaturan Percakapan Rahasia yang bisa ditemukan dalam opsi Percakapan.

Meskipun isi pesan dalam Facebook Messenger aman, tetapi aplikasi ini dapat mencatat siapa saja dan dari mana asal lawan bicara yang diajak mengobrol oleh pengguna.

Meski begitu, ini adalah salah satu upaya Facebook untuk meningkatkan produk dan layanannya.

5. Signal

Meskipun tidak populer di Indonesia, Signal telah memiliki fitur enkripsi end-to-end yang diklaim paling aman.

Signal juga dapat menggantikan aplikasi SMS default jika pengguna menginginkannya, namun sayangnya teks SMS yang basic tidak dilengkapi dengan enkripsi.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur yang sama dengan Telegram, yaitu pesan hilang secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Jadi sudah download aplikasi aman ini di Google Play Store ataupun App Store? Pastikan keamanan aplikasi sebelum menggunakan media sosial.(*)

Sumber: Suara.com

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa