Mengenal Cycle Count Baterai

"Baterai yang normal dapat mempertahankan Battery Health di atas 80% pada kondisi di bawah 500 Cycle Count"
cycle count pada computer mac (net)

KLIKPOSITIF-Pernah mendengar istilah Cycle Count namun tidak tahu apa maksudnya? Cycle Count merupakan istilah yang digunakan untuk menghitung siklus pengisian baterai. Ini mengacu pada kondisi baterai kosong atau habis (0%) yang kemudian diisi ulang sampai penuh (100%).

Apa pentingnya mengetahui Cycle Count? Baterai yang normal dapat mempertahankan Battery Health di atas 80% pada kondisi di bawah 500 Cycle Count.

Pada perangkat iPhone misalnya, jika Cycle Count masih kurang dari 300 dan Battery Health yang tampil sudah 70%, berarti kondisi ini tidak normal.

Bagaimana cara mengetahui Cycle Count Baterai ini? Untuk komputer mac, pengguna cukup mengakses logo Apple di sudut kiri atas sambil menekan tombol Option. Kemudian pilih panel System Information. Kemudian akan muncul sebuah panel, pada bagian kiri panel pilih Power. Setelah ditekan akan muncul sejumlah informasi termasuk Cycle Count, kondis baterai dan juga data lainnya.

Untuk perangkat iPhone, sayangnya Apple tidak memberikan informasi Cycle Count baterai. Pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bantuan komputer, contohnya Coconut Battery.

Setelah menginstal Coconut Battery di komputer Mac, hubungkan perangkat iOS ke komputer tersebut. Buka Coconut Battery dan masuk ke tab iOS Device. Di bagian bawah ada informasi Cycle Count.