Masalah Pada Rem, Honda AS Recall Puluhan Ribu Unit Mobil

"Penarikan ini meliputi jenis Sport Utility Vehicle (SUV) serta minivan"
Honda (ist)

KLIKPOSITIF-Honda di pasar Amerika Serikat diberitakan melakukan penarikan kembali atau recall sebanyak 64.785 unit mobil. Penarikan ini meliputi jenis Sport Utility Vehicle (SUV) serta minivan.

Dari laporan Badan Keselamatan Lalu-lintas Jalan Raya AS atau NHTSA penarikan harus dilakukan karena masakah pada sistem rem. Kondisi itu berisiko memicu kecelakaan, meskipun belum ada laporan terjadinya bencana atau cedera terkait bagian itu.

NHTSA menyatakan bahwa lapisan permukaan yang tidak diaplikasikan secara benar pada kaliper rem belakang telah menyebabkan gelembung gas terhenti di sirkuit hidraulik dan menyebabkan berkurangnya kinerja rem.

Honda sendiri telah mendapatkan informasi mengenai masalah itu dari pemasok. Kemudian produsen otomotif ini melakukan penyelidikan internal. Adapun produk Honda yang mengalami cacat produksi pada sistem pengereman ini adalah MDX Acura 2017 - 2019, HR-V 2018 - 2019 di kelas SUV, serta Honda Odyssey 2018 - 2019 untuk kelas minivan.

Honda AS mengharapkan penarikan bisa dimulai 17 Desember 2018, dan dealer akan memperbaiki masalah ini, termasuk mengeluarkan atau mengganti cairan rem kendaraan dan mengisi ulang.

Beberapa produsen otomotif roda empat (R4) lainnya, termasuk Audi dan Volkswagen, Fiat Chrysler, General Motors, serta Mercedes-Benz telah mengumumkan penarikan untuk masalah serupa.