Summit dan Sierra  Superkomputer Terkuat Dunia

"Summit dan Sierra dua teknologi dari Amerika Serikat menjadi super komputer terkuat di dunia"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Summit dan Sierra  dua teknologi dari Amerika Serikat menjadi super komputer terkuat di dunia. Dua mesin ini masuk dalam  daftar terbaru oleh Top 500, yang diterbitkan dua tahun sekali

Dilansir dari BBC dalam daftar itu Amerika Serikat memiliki lima entri dalam 10 besar, dengan entri lain berasal dari Swiss, Jerman dan Jepang. Meskipun begitu, secara keseluruhan Cina memiliki 227 mesin di 500 teratas, sementara AS hanya memiliki 109 mesin.

Summit diketahui dapat memproses 200.000 triliun kalkulasi per detik. Baik Summit dan Sierra dibangun oleh perusahaan raksasa teknologi, IBM. Sementara itu, superkomputer Sunway TaihuLight China, yang di awal tahun ini masuk sebagai mesin paling kuat di dunia, sekarang berada di peringkat ketiga.

Negara Tirai Bambu ini memiliki posisi keempat dalam daftar. Sunway TaihuLight memiliki kekuatan pemrosesan 93 petaflops, dibandingkan dengan Summit yang berkekuatan 200. Sunway juga didorong keluar dari tempat kedua oleh Sierra, superkomputer yang berada di Lawrence Livermore National Lab dan memiliki kekuatan pemrosesan 94 petaflops.

Superkomputer biasanya berukuran besar, memiliki sistem mahal yang menampilkan puluhan ribu prosesor yang dirancang untuk melaksanakan berbagai tugas perhitungan intensif khusus.