Ingin Belajar Kode Pemprograman? Lima Website Ini Bisa Jadi Referensi

"mengetahui cara memprogram kode bisa menjadi salah satu keterampilan terpenting yang bisa dipelajari secara langsung"
ilustrasi coding (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Belajar coding atau kode pemprograman bukan hanya untuk profesional IT atau programer saja. Sudah banyak tersedia layanan belajar coding. Mulai dari yang berbayar hingga situs belajar coding gratis.

Saat ini, mengetahui cara memprogram kode bisa menjadi salah satu keterampilan terpenting yang bisa dipelajari secara langsung. Ada banyak jenis cara belajar coding, seperti mengambil kelas kursus. Namun, beberapa situs web juga menawarkan pembelajaran secara gratis.

Berikut ini lima situs web gratis untuk belajar coding:

1. Codecademy
Situs ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar terbaik dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk belajar cara membuat kode. Lewat kelas online yang ditawarkan Codecademy, lebih dari 24 juta pengguna telah mempelajari cara membuat kode sendiri.

Codecademy menyediakan kursus tentang JavaScript, HTML dan CSS, PHP, jQuery, Ruby, Angularjs, The Command Line dan Python. Terdapat lebih dari 300 jam konten online tersedia secara gratis.

2. Coursera
Sejak didirikan pada 2012, Coursera telah berkembang menjadi perusahaan pendidikan dan teknologi nirlaba besar yang menawarkan lebih dari 1.000 kursus yang berasal dari 119 institusi. Ada sejumlah kursus pemrograman pengantar dari universitas terkemuka seperti Vanderbilt, Universitas Toronto, Stanford dan Universitas Washington.

Selain itu, ada beberapa kursus lanjutan yang tersedia dengan biaya tambahan. Kelas kursus ini tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis, serta dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris, Spanyol, dan Cina. Kursus biasanya berlangsung dari 4 - 6 minggu dan bagi pengguna yang menyelesaikan kelas kursus akan menerima sertifikat kursus elektronik.

3. edX
Didirikan pada 2012 oleh MIT dan Harvard, situs ini menyediakan teori dan teknologi terbaru paling mutakhir. edX memiliki lebih dari 90 mitra di seluruh ... Baca halaman selanjutnya