Ini Alasan Perangkat Elektronik Tak Boleh Dinyalakan di Pesawat

"Larangan tersebut bukan tanpa sebab, menurut Aviaton Safety Reporting System, ponsel memiliki kontributor yang besar terhadap keselamatan penerbangan."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Melihat kecelakaan yang dialami pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8, ada beberapa hal yang tetap harus dijadikan perhatian. Seperti larangan membiarkan perangkat elektronik dalam kondisi menyala, salah satunya ponsel.

Larangan tersebut bukan tanpa sebab, menurut Aviaton Safety Reporting System, ponsel memiliki kontributor yang besar terhadap keselamatan penerbangan.

Ponsel dapat bekerja dengan cara yang sama di pesawat terbang, di mana ratusan sistem berbasis elektronik, yang dikenal sebagai avionik digunakan untuk navigasi dan melakukan komunikasi. Beberapa melibatkan sensor yang mengkomunikasikan informasi ke instrumen kokpit.

Hal ini tak hanya berlaku pada ponsel, tetapi semua perangkat elektronik yang memancarkan gelombang radio. Jika perangkat tersebut berada pada frekuensi yang dekat dengan avionik, maka sinyal dan pembacaan radar bisa rusak.

Tak hanya mengirim dan menerima gelombang radio, ponsel juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station), sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggain 30.000 kaki, sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada di bawahnya.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah laporan yang merangkum 50 kasus masalah keamanan yang diduga disebabkan oleh ponsel. Diantara kasus yang terkenal adalah pesawat Crossair dengan nomor penerbangan 498 yang menempuh rute Zurich, Swiss, ke Dresden, Jerman, yang jauh dua menit setelah lepas landas pada 10 Januari 2000. Tujuh penumpang dan tiga awak pesawat dilaporkan tewas, sementara itu penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.

Masalah yang bisa ditimbulkan akibat ponsel di dalam pesawat antara lain gangguan sistem navigasi, gangguan frekuensi komunikasi, gangguan indikator bahan ... Baca halaman selanjutnya