Dua Pelajar Sumbar Adu Ketangkasan di Honda Skill Contest

"Kontes ini diikuti oleh 40 orang pelajar yang berasal dari 27 provinsi di Indonesia"
Seremonial pembukaan Honda Skill Contest di Cikarang (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

CIKARANG, KLIKPOSITIF -- Dua orang pelajar asal Sumatera Barat bakal menguji ketangkasan di ajang Honda Skill Contest yang digelar di SMK Mitra Industri, Cikarang, Jawa Barat, Senin 16 Oktober 2018 siang.

Kontes ini diikuti oleh 40 orang pelajar yang berasal dari 27 provinsi di Indonesia. Mereka merupakan pelajar yang mewakili main dealer Honda di tanah air.

Dua orang pelajar tersebut adalah Alif Sugemi yang merupakan pelajar SMKN 1 Palembayan, Agam. Ia mewakili main dealer Hayati Pratama Mandiri.

Kemudian ada Netra Fauzi, pelajar SMKN 2 Kota Payakumbuh yang mewakili main dealer Menara Agung.

Dalam kontes ini, setiap pelajar ditantang untuk memecahkan sejumlah masalah pada motor, salah satunya adalah pada bagian kelistrikan dan mesin.

Menghadapai masalay dari motor tersebut jadi tantangan tersendiri bagi peserta. Alif, perwakilan main dealer Honda-Hayati mengaku bahwa dirinya perlu mempersiapkan diri selama dua bulan untuk mengasah kemampuan.

"Latihan dua bulan untuk memahami kembali teknis kerja motor. Selain itu, saya bisa belajar memahami teori-teori tekniknya kembali," katanya pada KLIKPOSITIF.

Bagi dia, ada beberapa tantangan yang menghalanginya selama persiapan kontes. Salah satunya adalah memperbaiki masalah pada penopang laju sepeda motor.

"Penopang itu seperti rantai, gear dan rem. Saya sedikit kesulitan disana. Tapi untuk di bagian mesin, saya sudah bisa, sudah paham trik-triknya," jelas Alfi.

Kendati demikian, Alfi mengaku optimis bisa tampil maksimal di kontes ini, "Saya berjuang sebisanya karena lawan menurut saya juga berat," pungkasnya kemudian.

Honda Skill Contest ini merupakan ajang tahunan yang digelar oleh PT Astra Honda Motor selaku produsen sepeda motor Honda di Indonesia.(*)