Ini Cara Agar Helm Anda Tidak Bau Saat Musim Hujan

"Ada baiknya memberi perhatian lebih pada helm saat musim penghujan tiba"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pengendara sepeda motor harus memberi perhatian ekstra pada beberapa perangkat kendaraan apalagi saat memasuki musim hujan di akhir tahun dengan intensitas yang tinggi.

Salah satu perangkat yang harus diperhatikan adalah helm. Selain bertujuan untuk melindungi kepala, juga diperlukan helm yang nyaman selama berkendara. Helm yang terkena air hujan akan berakibat helm menjadi lembab dan bau. Ini tentu mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Ada baiknya memberi perhatian lebih pada helm saat musim penghujan tiba. Misalnya memperhatikan kondisi helem setelah berkendara menerobos hujan. Bagian dalam helm biasanya terbuat dari busa, kulit sintetis atau kulit asli. Jika helm basah setelah berkendara, sebaiknya segera dkeringkan. Guna menghilangkan bau jangan lupa untuk menjemur helm di bawah terik matahari.

Untuk perawatan helm yang terbuat dari bahan sintesi dan kulit asli gunakan pelumas khusus agar bahan tersebut awet dan tidak pecah-pecah. Kaca pelindung helm yang terbuat dari mika juga harus dijaga kebersihannya.

Pada saat hujan, kaca ini jadi bagian penting agar jalanan jelas terlihat. Anda bisa menggunakan air sabun dan gunakan lap mikrofiber untuk membersihkan bagian ini. Sebaiknya lakukan sebelum air hujan mengering agar tidak menimbulkan bercak.