Mobnas Vietnam Rampung Pada Juni 2019

"Vietnam sebenarnya baru tahun lalu mengumumkan projek mobnas"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Vietnam memajang mobil nasional (Mobnas) di ajang Paris Motor Show 2018 (4 – 14 Oktober). Dilansir dari CNBC, Vietnam sebenarnya baru tahun lalu mengumumkan projek mobnas melalui perusahaan VinFast.

VinFast menggandeng para mitra yang sudah berpengalaman di dunia otomotif.Tercatat beberapa nama seperti ABB, Bosch, Magna Steyr, Siemens, BMW untuk platform mobil, ditambah Italdesign dan Pininfarina di sektor desain yang turut terlibat di dalamnya.

Hasilnya, Vietnam siap unjuk gigi dengan dua model mobil nasional yang dikembangkan. Kedua model ini adalah jenis sedan serta Sport Utility Vehicle (SUV).Banyaknya pelaku industri otomotif yang terlibat membuat VinFast mematok target yang cukup sebentar.

Kedua mobil nasional Vietnam ini diharapkan bisa rampung sesuai kesepakatan, yaitu Juni 2019. Bila dihitung dari waktu pengumuman projek, berarti perusahaan hanya diberi waktu kurang dari dua tahun dalam menyelesaikan mobnas yang bakal digunakan warga Vietnam secara nasional nantinya.

Indonesia sebenarnya memiliki projek mobnas Esemka. Namun sampai saat ini belum terdengar kabar bagaimana kelanjutannya.