Apple Buat Strategi Khusus Pihak Ketiga Tak Bisa Perbaiki MacBook Pro 2018 dan iMac Pro

"proses penggantian beberapa jenis suku cadang di perangkat yang menggunakan Apple T2 Chip, harus diakhiri dengan akses ke software khusus"
MacBook Pro 2018 (net)

KLIKPOSITIF-Untuk mencegah MacBook Pro 2018 dan iMac Pro diperbaiki oleh pihak ketiga Apple memiliki strategi khusus. Dilansir dari Motherboard, proses penggantian beberapa jenis suku cadang di perangkat yang menggunakan Apple T2 Chip, harus diakhiri dengan akses ke software khusus agar suku cadang baru dapat dikenali.

Suku cadang yang memerlukan akses software itu, untuk MacBook Pro, daftarnya adalah seperangkat layar, logic board, top case (keyboard, touchpad, housing internal), serta Touch ID. Sedangkan untuk iMac Pro adalah Logic Board dan Flash Storage.

 Komputer tersebut baru bisa kembali digunakan secara normal jika pihak Apple atau Apple Authorized Service Provider sudah menjalankan software diagnostik bernama Apple Service Toolkit 2. Apple Service Toolkit 2 hanya dapat digunakan oleh Apple atau teknisi di Apple Authorized Service.

Ini artinya, pemilik secara personal atau penyedia jasa servis pihak ketiga tidak dapat melakukan perbaikan tersebut. Saat ini hanya iMac Pro dan MacBook Pro 2018 yang sudah menggunakan Apple T2 Chip. Mungkin peraturan ini juga akan berlaku untuk komputer Mac generasi berikutnya yang menggunakan chip tersebut.