Melihat Nasib iPhone SE

"iPhone SE sama dengan iPhone 6s yang menggunakan prosesor A9"
iPhone SE (net)

KLIKPOSITIF-Apple telah meluncurkan tiga varian iPhone terbaru. Ini berdampak pada beberapa iPPhone lawas yang mulai tidak dijual di Apple Store.

Sebut saja iPhone 6s, 6s Plus, dan SE yang sudah tak ditawarkan lagi oleh Apple saat ini. Begitu pula dengan iPhone X. Satu lagi yang tidak begitu diketahui nasibnya adalah iPhone SE. Mungkin memang benar kalau Apple merancang iPhone SE dengan tujuan untuk menyediakan iPhone murah.

iPhone SE sama dengan iPhone 6s yang menggunakan prosesor A9. Teknologi ini mulai tampak usang dengan hadirnya prosesor A12 Bionic. Sudah tertinggal 4 generasi. Sudah lebih 2 tahun iPhone SE diluncurkan tanpa ada suksesor. Hanya ada peningkatan kapasitas penyimpanan saja dari 16GB dan 64GB ke 32GB dan 128GB, itu pun pada Maret 2017 lalu.

Beberapa fitur pada iPhone SE pun sudah mulai ditinggalkan oleh Apple. Sebut saja Touch ID yang sudah ditinggalkan Apple pada lini iPhone tahun ini (Xs, Xs Max, Xs). Begitu pula jack audio 3.5mm yang sudah absen sejak dua tahun lalu pada iPhone 7.

iPhone dalam dekade kedua sudah jelas akan mengusung desain layar penuh (full screen). Ketiga iPhone 2018 menggunakan desain ini tanpa kecuali. Tahun lalu, Tim Cook menyatakan bahwa iPhone X adalah cikal bakal masa depan iPhone. Jadi, untuk ke depannya, semua iPhone baru tak akan jauh dari iPhone X.

Apple melihat iPhone SE sebagai iPhone murah, bukan iPhone dengan layar kecil. Sehingga iPhone XR sudah bisa memenuhi kebutuhan Apple untuk menyediakan iPhone dengan harga yang lebih murah. Selain itu juga masih ada iPhone 7 dan 8 yang juga lebih murah.

jika iPhone XS mini diluncurkan, ukuran layarnya sudah pasti akan lebih besar dari 4 inci. Alhasil, tujuan kenyamanan satu tangan ini tetap tidak tercapai.

Pengguna iPhone SE yang memang mengutamakan kenyamanan ini tidak akan berharap iPhone Xs Mini. Mereka akan lebih mengharapkan iPhone SE 2: bentuk yang masih sama, namun dengan komponen internal ... Baca halaman selanjutnya