Diklaim Mirip dengan Bumi, Ilmuwan Sebut Planet Ini Layak Huni

"Sayangnya, perjalanan menuju planet itu akan memakan waktu selama 6.300 tahun"
Para ilmuwan mengklaim Proxima Centauri b mirip dengan Bumi. (internet)

KLIKPOSITIF -- Miliaran planet diketahui telah tertangkap dalam radar ilmuwan dan mereka percaya satu diantaranya berpotensi mendukung kehidupan. Ilmuwan baru saja mengklaim bahwa Proxima Centauri mirip dengan Bumi sehingga layak huni.

Karakter mirip Bumi yang dimaksud adalah planet ini memiliki area yang luas dan air cair yang berpotensi mendukung organisme hidup di planet ini. Dari miliaran planet yang ada, sulit dipercaya tak ada satu pun yang mendukung kehidupan.

Dari latar belakang itulah para peneliti dan ilmuwan mulai mempelajari secara mendalam apa yang ada di Proxima Centauri b. Dikutip dari Nature World, planet ini mengorbit kepada bintang terdekat dengan Matahari yaitu Proxima Centauri.

Makalah penelitian mengenai Proxima Centauri b telah diterbitkan dalam jurnal Astrobiology dengan judul "Habitable Climate Scenarios for Proxima Centauri b with a Dynamic Ocean". Para ilmuwan menggunakan komputer untuk melakukan simulasi model berbagai jenis atmosfer.

Mereka memodelkan berbagai jenis atmosfer termasuk atmosfer mirip Bumi (didominasi oleh nitrogen dengan sejumlah kecil CO2) dan atmosfer yang lebih mirip Mars (CO2 murni). Mereka juga memodelkan apakah atmosfer lebih tipis atau lebih tebal daripada atmosfer Bumi.

lautannya lebih asin atau kurang asin daripada di lautan Bumi dan apakah samudra menutupi seluruh planet. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa planet ini memiliki lautan seperti Bumi, namun dengan jumlah air yang lebih banyak.

"Pesan utama dari simulasi kami adalah bahwa ada kemungkinan planet ini layak huni," kata Anthony Del Genio, penulis utama dan ilmuwan planet di NASA Goddard Institute for Space Studies.

Proxima Centauri b diyakini setidaknya 1,3 kali massa Bumi dan mengorbit di sekitar bintangnya dalam waktu 11 hari. Penelitian ini memperbarui penelitian tahun 2016 yang menyatakan planet ini memiliki sisi yang sama dan menghadap bintangnya terus menerus.

Itu ... Baca halaman selanjutnya