Pengaturan di Android Anda Berubah? Ini Penjelasan Google

"Penghemat baterai mempengaruhi seberapa sering aplikasi memperbarui dan bekerja di latar belakang"
ilustrasi google (internet)

KLIKPOSITIF -- Google meminta maaf setelah pengguna ponsel Android menyadari bahwa pengaturan penghemat baterai telah diaktifkan dari jarak jauh minggu lalu tanpa persetujuan mereka. Penghemat baterai mempengaruhi seberapa sering aplikasi memperbarui dan bekerja di latar belakang.

Perusahaan itu membawa ke situs diskusi Reddit untuk menjelaskan bahwa mereka sedang melakukan tes internal yang 'keliru' digulirkan lebih luas. Perangkat yang terkena tampaknya menjalankan sistem operasi Android Pie.

Battery Saver juga dapat menunda pemberitahuan dan menghentikan layanan lokasi saat perangkat tidak digunakan untuk menghemat daya. "Ini adalah eksperimen internal untuk menguji fitur hemat baterai yang keliru digulirkan ke lebih banyak pengguna daripada yang dimaksudkan," kata perusahaan itu di Reddit.

"Kami sekarang telah mengembalikan pengaturan penghemat baterai ke default. Silakan konfigurasikan sesuai keinginan Anda. Maaf atas kebingungan ini," tulis perusahaan.

Dari Reddit pun terlihat, perangkat Google Pixel menjadi deretan merek ponsel pintar yang terkena dampak. Komentator teknologi editor majalah Which? Computing, Kate Bevan, mengatakan ponselnya terpengaruh.

"Saya perhatikan hari itu bahwa tiba-tiba penghemat baterai saya menyala dan saya sedikit bingung dengan itu. Ini tentang transparansi dan persetujuan," katanya. (*)

sumber: BBC dan suara.com