BMW Hentikan Penjualan Mobil Diesel di Amerika

"BMW akan menghentikan pemasaran mobil bermesin diesel pada akhir 2018"
Mesin diesel BMW (net)

KLIKPOSITIF-BMW akan menghentikan pemasaran mobil bermesin diesel di pasar otomotif Amerika Serikat. langkah ini diambil karena makin redup pamor mobil bermesin diesel.

Dilansir dari Motor Authority BMW akan menghentikan pemasaran mobil bermesin diesel pada akhir 2018 di Amerika Serikat. Sebagai gantinya raksasa otomotif Jerman itu akan fokus pada mobil berteknologi plug-in hybrid (PHEV).

“Kami akan lebih fokus pada kendaraan PHEV. Terkait varian BMW X5 diesel, kami belum memutuskan apakah model tersebut masih akan diboyong ke AS atau tidak,” kata juru bicara BM Alexander Schmuck.

BMW akan terus memonitor pasar dan akan menyesuaikan model apa yang cocok untuk pasar AS setelah mobil bermesin diesel tak lagi menyapa pasar Negeri Paman Sam. Keputusan itu diambil seiring pengumuman bakal dirilisnya BMW X5 xDrive45e plug-in hybrid model 2021.

SUV versi plug-in itu akan memiliki daya jelajah sejauh sekitar 64 km dengan hanya mengandalkan motor listrik, dibandingkan dengan versi sekarang yang hanya mampu melaju sejauh 22,5 km dengan menggunakan motor listrik.

Keputusan BMW untuk menghentikan penjualan mobil diesel di AS itu tak lepas dari kekecewaan publik AS atas skandal mesin diesel yang melibatkan Volkswagen pada 2015. Semakin lunturnya kepercayaan masyarakat AS terhadap mesin diesel, hampir semua pabrikan mobil kini memilih berinvestasi untuk pengembangan mobil berteknologi listrik, mild-hybrid, plug-in hybrid, dan mobil listrik murni.