Tiongkok, Negara dengan Pengguna Internet Terbesar

"Pengguna aktif internet di Tiongkok lebih dari setengah total populasi"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Tiongkok menyandang negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Dari data China Internet Network Information Center (CNNIC), pengguna aktif internet di sana mencapai 802 juta atau 57,7 persen.

Jumlah ini lebih dari setengah dari total populasi atau tepatnya sebanyak 57,7 persen. Terhitung pada Juli tahun ini populasi penduduk China mencapai 1,3 miliar jiwa.

Sebagian besar pengguna internet di negeri tirai bambu ini adalah pengguna mobile yang mencapai angka 788 juta. 31 persen orang Tiongkok memanfaatkan mobile untuk mengakses aplikasi berbagi sepeda, 37 persen untuk memesan kursi bus atau kereta, dan 43 persen menggunakannya untuk memesan taksi.

Peneliltian ini juga menunjukan 7 dari 10 pengguna internet di Tiongkok melakukan belanja online. Sekitar 566 juta orang menggunakannya untuk transaksi pembayaran, yang jumlahnya meningkat 7,4 persen dalam satu semester terakhir.

Sedangkan jumlah pengguna mobile tiga kali lebih besar dan kegiatan transaksi pembayaran mobile juga 12 kali lebih banyak dibanding Amerika Serikat. Baru-baru ini, pemerintah Tiongkok membuat kebijakan untuk meningkatkan kecepatan internet dan membuat akses internet lebih murah.

Di tanah air sendiri, jumlah pengguna internet di Indonesia masih sangat jauh jika dibanding dengan Tiongkok. Asosiasi Penyelenggara Jasa internet Indonesia (APJII) melaporkan pada awal tahun ini, pengguna internet di Indonesia baru menyentuh angka 262 juta.