Hati-Hati! Aplikasi Ini Terdeteksi Salah Gunakan Data Pengguna Facebook

"Aplikasi myPersonality telah menolak proses audit"
Ilustrasi (Net)

TEKNO, KLIKPOSITIF -- Platform media sosial terbesar di dunia, Facebook mendeteksi adanya praktek penyalahgunaan data pengguna dari sebuah aplikasi yang bernama myPersonality.

Dengan adanya praktek tersebut, platform buatan Mark Zuckerberg tersebut akan memberikan notifikasi peringatan pada 4 juta penggunanya.

"Kami akan memberi tahu 4 juta pengguna kami yang menggunakan aplikasi myPersonality," tulis Ime Archibong, Vice President of Product Partnership Facebook.

Menurut dia, aplikasi myPersonality telah menolak proses audit. Padahal, proses audit sangatlah penting untuk mencari bukti apakah sebuah aplikasi menyalahgunakan data pengguna.

"Mereka menolak permintaan kami untuk melakukan audit. Untuk itu, kami akan memberikan peringatan kepada pengguna," tambahnya.

Saat ini, Facebook memang sedang melakukan audit besar-besaran terhadap berbagai aplikasi yang ada di dalam platformnya. Hal itu tidak terlepas dari skandal Cambridge Analytica, soal penyalahgunaan data.

Ime Archibong meyakinkan bahwa kebijakan Facebook terhadap aplikasi kini makin ketat. Sehingga setiap aplikasi kini tidak bisa leluasa dalam mengakses data pengguna begitu saja.

"Kami akan terus menyelidiki aplikasi lain, dan membuat perubahan yang diperlukan untuk platform kami. Kami memastikan bahwa Facebook sellau melindungi informasi para penggunanya," tutup Ime Archibong.(*)