Perangkat Apple Tidak Masuk Termasuk 'YouTube Signature Device’

"YouTube Signature Device berisi daftar perangkat ponsel terbaik yang mendukung semua fitur terbaru YouTube"
YouTube di perangkat iPhone (net)

KLIKPOSITIF-YouTube telah melucurkan daftar perangkat yang termasuk pada ‘YouTube Signature Device’. Daftar tersebut berisi perangkat ponsel terbaik yang mendukung semua fitur terbaru YouTube secara maksimal.

Daftar itu memuat belasan perangkat, namun tidak satu pun iPhone yang ada dalam daftar tersebut. Sejumlah pihak berasumsi hal ini terjadi karena perang penggunaan video codec antara Apple dan Google selama ini. 

klik di sini untuk: YouTube Signature Device

Apple memang tidak mendukung VP9 Codec di perangkat iOS atau peramban Safari. Dukungan codec ini menjadi salah satu penilaian yang digunakan untuk YouTube dalam membuat daftar YouTube Signature Device.

Terdapat beberapa penilaian lain dari YouTube untuk bagian Signature Device selain dukungan VP9 Codec. Yaitu mendukung video HDR, Frame Rate tinggi, 4K decoding, dan masih banyak lainnya. Meskipun perangkat iPhone tidak masuk dalam daftar di atas, bukan berarti tidak bisa menikmati YouTube dengan baik dan lancar di perangkat iOS. Beragam fitur di YouTube juga tetap dapat dinikmati dengan baik di perangkat iPhone atau iPad.