Terlalu Sering Menggunakan Ponsel Bisa Sebabkan Kebutaan

"paparan cahaya biru yang dipancarkan dari kebanyakan ponsel pintar, tablet dan laptop mendorong pertumbuhan molekul beracun di mata"
ilustrasi (internet)

KLIKPOSITIF -- Serangkaian teknologi yang disematkan dalam ponsel membuat orang ingin selalu menggenggam ponsel. Namun, sebuah penelitian terkini memperingatkan bahaya ponsel bagi kesehatan mata. Namun tahukah Anda, lama-lama menatap layar ponsel bisa beresiko menyebabkan kebutaan?

Peneliti di University of Toledo, Ohio menemukan bahwa paparan cahaya biru yang dipancarkan dari kebanyakan ponsel pintar, tablet dan laptop mendorong pertumbuhan molekul beracun di mata yang pada gilirannya menyebabkan degenerasi makula.

"Bukan rahasia lagi bahwa cahaya biru dapat merusak indera penglihatan dengan mengganggu fungsi retina mata," kata profesor Ajith Karunarathne dilansir suara.com, jaringan Klikpositif.

Ajith dan rekan peneliti lain menjelaskan bahwa cahaya biru sangat berbahaya bagi mata karena kornea dan lensa mata tidak dapat memblokir atau memantulkannya. Itu sebabnya ketika terlalu lama memeriksa laman Instagram, Anda akan merasa mata lebih lelah sebagai efek dari pertumbuhan molekul beracun yang dapat menyebabkan degenerasi makula.

Degenerasi makula sendiri adalah salah satu penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat, dengan jumlah kasus sekitar 200.000 setiap tahunnya. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan, meski dapat diatasi dengan penggunaan kacamata, obat-obatan atau operasi laser.

Sementara itu, para peneliti merekomendasikan langkah-langkah pencegahan, termasuk mengenakan kacamata hitam yang menyaring sinar UV dan biru, dan menghindari membaca perangkat seluler dalam kondisi gelap yang dapat menyebabkan ketegangan tambahan pada fotoreseptor halus di mata. (*)