Pencipta Siri Putuskan Hengkang dari Apple

"Tom menciptakan Siri bersama Dag Kittlaus dan Adam Cheyer"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Salah satu pendiri awal teknologi kecerdasan buatan, Siri diberitakan hengkang dari Apple. Tim Guber yang juga menjadi kepala kelompok Advanced Development milik Siri pensiun karena alasan pribadi.

Juru bicara Apple lewat The Information bahwa Tom Gruber pensiun karena ingin mengerjakan minatnya pada fotografi dan konservas laut. Dengan pensiunnya Tom  Tim Siri kini sedang mengalami perubahan kepemimpinan dengan mempekerjakan John Giannandrea.

John merupakan mantan kepala pencarian Google dan unit kecerdasan buatan. Sekitar minggu lalu, Apple baru memperbarui halaman kepemimpinannya untuk menambahkan Giannandrea, yang sekarang menjabat sebagai kepala tim AI dan machine learning.

 Untuk diketahui, Tom menciptakan Siri bersama Dag Kittlaus dan Adam Cheyer. Kittlaus telah meninggalkan Apple pada tahun 2011 silam dan Cheyer pensiun pada tahun 2012 silam.

Kittlaus dan Adam bekerja sama lagi untuk menciptakan Viv, proyek kecerdasan buatan baru yang diakuisisi oleh Samsung pada tahun 2016. Samsung menggunakan Viv untuk membuat Bixby, platform asisten AI saat ini.