Helio A22, Chipset Terbaru dari MediaTek

"chipset ini bakal dijadikan kompetitor Snapdragon 429."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-MediaTek meluncurkan chipset seri A perdana dengan nama Helio A22. Chipset ini menggunakan basis teknologi CPU Cortex-A53 dengan pemrosesan empat inti (quad-core) dan GPU PowerVR yang bakal dijadikan kompetitor Snapdragon 429.

Dilansir dari Phone Arena MediaTek menggunakan arsitektur 12 nm dalam fabrikasi Helio A22, sehingga diklaim lebih efisien daya. MediaTek mengklaim chipset-nya akan mengusung prosesor dengan peningkatan kecepatan 30 persen. GPU-nya pun meningkat 72 persen.

Helio A22 memiliki kecepatan clock maksimal 2 GHz yang lebih kencang 0,05 GHz dibandingkan Snapdragon 429. Chipset ini mendukung penggunaan tipe memori LPDDR3 dan LPDDR4x, sesuai preferensi pabrikan ponsel.

Perangkat ini memungkinkan kapasitas RAM hingga 4 GB atau 6 GB. Dari segi kamera, Helio A22 mendukung kamera tunggal hingga 21 megapiksel, atau kamera ganda dengan perpaduan 13 megapiksel dan 8 megapiksel.

Fitur canggih semacam “AI Face Unlock” bisa terakomodir. Helio A22 digadang-gadang bakal terbenam dalah Xiaomi Redmi 6A dengan kisaran harga Rp 2 jutaan.