Baterai Smartphone Anda Cepat Habis? Ini Ternyata Penyebabnya

"kapasitas baterai ternyata tak terlalu berpengaruh kepada daya tahan ponsel"
ilustrasi baterai lemah (internet)

KLIKPOSITIF -- Baterai merupakan komponen vital yang menyuplai tenaga sebuah ponsel. Sayangnya, belakangan banyak pengguna Android yang mengeluhkan baterai ponsel mereka cepat habis. Walaupun ponsel keluaran terbaru sudah dibekali dengan baterai besar, hal itu tetap tidak meghentikan keluhan.

Apalagi, kapasitas baterai ternyata tak terlalu berpengaruh kepada daya tahan ponsel. Ada beberapa penyebab yang membuat baterai ponsel Android cepat terkuras.
1. Aplikasi Pemakan Baterai
Aplikasi adalah salah satu hal yang cukup memakan baterai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai bisa pergi ke menu settings > battery. Jika Anda sudah mengetahui aplikasi mana saja yang bikin baterai cepat habis, jangan ragu untuk melakukan uninstall.

2. Charger Rusak
Pernahkah Anda mengisi penuh baterai ponsel namun tak lama kemudian baterai langsung terkuras? Hal itu mungkin disebabkan oleh penggunaan perangat charger yang rusak. Charger yang rusak juga dapat mempengaruhi kualitas baterai. Jadi, selalu periksa kondisi charger setiap saat.

3. Tingkat Kecerahan yang Berlebihan
Tingkat kecerahan layar atau brightness yang berlebihan juga dapat membuat baterai ponsel cepat habis. Untuk itu, Anda sebaiknya menyesuaikan tingkat kecerahan secukupnya.

4. Waktu Screen Timeout yang Lama
Layar menjadi komponen yang sangat menguras baterai. Layar yang terlalu lama menyala dapat mempengaruhi konsumsi baterai. Untuk itu, sebaiknya atur waktu timeout layar ponsel. Pilih waktu yang tidak terlalu lama, seperti 15 detik.

5. Terlalu Banyak Widget
Widget sebetulnya bermanfaat untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. Namun, jika terlalu banyak widget di halaman utama, baterai ponsel akan cepat terkuras. Sebaiknya kurangi atau atau menghapus semua widget yang ada untuk memperhemat baterai.