Ada Kode Morse di Google Keyboard

"jika fitur ini aktif, akan muncul dua ikon besar berbentuk titik dan tanda garis di layar"
tampilan kode morse di keyboard Google (net)

KLIKPOSITIF-Google kini membenamkan kode Morse sebagai fitur baru di Google Keyboard Gboard. Fitur ini telah tersedia baik di platform Android maupun iOS.

Jika pengguna mengaktifkan fitur ini akan muncul kode Morse yang mengisi mengisi area keyboard. Terdapat dua ikon besar berbentuk titik dan tanda garis. Saat mengetuk salah satu ikon, saran kata akan muncul di bagian atas keyboard di layar.

Dilansir dari laman resminya, untuk membuat fitur ini Google bekerja sama dengan Tania Finlayson, seorang pengembang sekaligus ahli dalam teknologi kode Morse. Tania yang terlahir dengan Cerebral Palsy memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Ia diajarkan berbagai macam kosakata lewat papan kata komunikasi dengan sekitar 200 kata di atasnya dan menggunakan tongkat untuk menunjuk kata-kata tersebut.

Tania kemudian berpartisipasi dalam studi anak-anak non-verbal di University of Washington di mana penelitian tersebut dipimpin oleh Al Ross dan di sanalah ia mulai dikenalkan pada komunikator kode Morse untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan memiliki "suaranya" sendiri.
Pengalamannya dengan komunikator kode Morse kemudian membawanya pada kemitraan dengan Google untuk menciptakan metode kode Morse Google mengatakan bahwa kode Morse yang ditanamkan dalam Gboard mencakup pengaturan yang memungkinkan penggunanya menyesuaikan keyboard untuk kebutuhan unik mereka. Fitur ini bekerja bersama-sama dengan fitur Aksesibilitas Android seperti Switch Access dan Point Scan.

Untuk memperkenalkan kode Morse ini, Google telah membuat game Morse Typing Trainer yang dapat mengajarkan kode Morse kepada pengguna dalam waktu kurang dari satu jam. Game ini dapat dimainkan di ponsel dan dekstop.