Alamat Email Apple ID Bisa Diganti, Ini Caranya

"Proses ganti email ini tidak bisa diulang atau kembali ke email lama jika telah selesai dilakukan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple ID dibuat menggunakan email yang telah aktif. Fungsinya beragam mulai dari belanja di App Store, iTunes Store, membuat akun iCloud dan lainnya. Email pada Apple ID ini bisa diganti jika pengguna ingin menggantinya.

Sebelumnya mengganti email Apple ID, pastikan pengguna telah logout dariperangkat iOS dan macOS yang digunakan dengan Apple ID yang akan diganti emailnya. Siapkan email yang akan digunakan untuk memindahkan data akun Apple ID. Bisa dari Yahoo, Google atau gunakan @icloud.com. Proses ganti email ini tidak bisa diulang atau kembali ke email lama jika sudah selesai.

Setidaknya ada dua cara untuk mengganti email Apple ID. Yang pertama dengan mengganti email yang terhubung ke Apple ID Lewat iOS 10.3 atau lebih baru. Caranya masuk ke Settings dan Profile. Akses Reachable At lalu Edit. Kemudian hapus Apple ID lama yang ada di bagian tersebut dan tekan Continue. Setelah itu masukkan Apple ID baru yang digunakan. Lanjutkan pengaturan berikutnya dan verifikasi di email baru

Cara yang kedua adalah mengganti email yang terhubung ke Apple ID melalui website. Pertama masuk ke website appleid.apple.com. Akses bagian Account dan masuk ke menu Edit. Pilih Change Apple ID di bawah bagian Apple ID lalu masukkan Apple ID baru akan digunakan. Tekan Continue dan lakukan proses verifikasi yang diperlukan pada email baru tersebut.

Setelah selesai mengganti email yang terhubung ke Apple ID kembali login ke semua perangkat Apple. Semua data pembelian, catatan data di iCloud dan sebagainya tetap tersedia seperti sebelumnya. Cara ini biasa dilakukan jika keluar dari sebuah akun email lama yang tidak akan lagi digunakan dalam waktu berikutnya.