Diblokir Pemerintah, Tik Tok malah Jadi Trending Topic

"Menkominfo, Rudiantara, langkah pemblokiran dilakukan karena Tik Tok memuat banyak konten negatif, terutama untuk anak-anak"
ilustrasi tik tok (internet)

KLIKPOSITIF -- Aplikasi video, Tik Tok resmi diblokir oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Selasa (3/7). Dikatakan oleh Menkominfo, Rudiantara, langkah pemblokiran dilakukan karena Tik Tok memuat banyak konten negatif, terutama untuk anak-anak.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian PPA dan KPAI," katanya dalam keterangan tertulis seperti dilansir suara.com, jaringan Klikpositif.

Pemblokiran Tik Tok juga menjadi topik terpanas di internet. Di Twitter misalnya, Tik Tok sempat menjadi trending topic dan menghasilkan lebih dari 22 ribu tweet. Sementara di Google Trends, Tik Tok menjadi topik terpopuler dengan 200 ribu pencarian.

Langkah pemblokiran Tik Tok juga menuai reaksi yang beragam dari para warganet. Sebagian mendukung langkah itu, namun yang lainnya justru melontarkan kritik pedas ke pemerintah.

Salah satunya dari akun @duniamanji milik penyanyi Anji. Dia menyebut, yang seharusnya disalahkan adalan pengguna Tik Tok itu sendiri. Menurutnya, aplikasi Tik Tok justru menimbulkan kreativitas.

"Tiktok itu sama saja dengan platform lain. Bukan platformnya yang salah, tapi penggunanya. Jadi bisa saja suatu hari Twitter, IG atau YouTube diblokir juga kalau meresahkan," ujarnya.

Ada pula yang mendukung langkah Kominfo, seperti akun @ahmdshauqi. Menurutnya, Tik Tok ibarat kanker yang menggerogoti generasi muda. "Tik Tok adalah kanker dan sekarang sudah disembuhkan," tulisnya. (*)