Timnas Jerman Gunakan Teknologi Ini untuk Performa Tim

Selebrasi Marco Reus usai mencetak gol ke gawang Swedia.
Selebrasi Marco Reus usai mencetak gol ke gawang Swedia. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Kemenangan Jerman atas Swedia dengan skor akhir 2-1 memberikan asa bagi juara bertahan tersebut untuk melenggang ka fase berikutnya. Teknologi mutakhir yang ada di belakang Timnas Jerman diyakini sebagai faktor X.

Perusahaan software SAP memperkenalkan inovasi teknologi dalam solusi SAP Sports One. Solusi ini diklaim membantu Jerman agar mampu bermain di puncak performanya sepanjang ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

SAP dan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) bersama-sama berinovasi pada video cockpit dan dashboard pemain untuk menganalisa kebutuhan tim, kemudian membagikan data terkait pertandingan yang relevan secara efisien serta menempatkan mereka dalam posisi terbaik untuk meraih kemenangan.

Baca Juga

Video cockpit dan dashboard pemain mewakili fitur terbaru SAP Sports One yakni, solusi yang membantu tim dan organisasi olahraga untuk mendigitalkan manajemen kinerja dengan mengoordinasikan semua proses administrasi, pelatihan dan manajemen tim, scouting serta medis.

"Kami memiliki jumlah data yang luar biasa di tim nasional Jerman yang perlu kami proses dan bagikan secara real-time dengan pelatih, pemain dan analis," kata Oliver Bierhoff, General Manager Tim Nasional Jerman dalam keterangannya seperti dilansir the guardian dan detik.inet.

Bierhoff mengungkapkan Artificial Intelligence dan Machine Learning memainkan peran penting dalam sepakbola dan merupakan bagian penting dari data analytics. Pakar di timnas Jerman dan SAP sedang mengerjakan topik ini bersama-sama.

"Kami bertujuan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan kami senang bekerja dengan SAP sebagai mitra terbaik untuk itu," lanjutnya.

Dengan menggunakan solusi SAP dan wawasan yang dihasilkan sebagai bagian integral dari pelatihan dan persiapannya, DFB telah memenangkan berbagai gelar internasional, serta meningkatkan performanya di panggung dunia. (*)

Baca Juga

Penulis: Agusmanto