Mojave macOS Terakhir untuk Aplikasi 32-bit

"Mojave merupakan versi terakhir dari sistem operasi macOS yang akan mendukung aplikasi 32-bit"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple menyatakan macOS 10.14 Mojave merupakan versi terakhir dari sistem operasi macOS yang akan mendukung aplikasi 32-bit. Ini sejalan dengan rencana Apple untuk meninggalkan aplikasi 32-bit di Mac.

Gagasan ini berlangsung sejak macOS High Sierra 10.13.4. Saat itu jika aplikasi yang masih menggunakan legacy 32-bit dibuka di High Sierra, pengguna mendapatkan peringatan bahwa aplikasi tersebut akan menjadi tidak didukung di sistem operasi berikutnya.

Hal yang sama juga kan terjadi pada Mojave. Ketika aplikasi 32-bit ini dibuka di macOS 10.14 Mojave (beta 1), sebuah kotak dialog akan muncul dengan peringatan “This app will not work with future versions of macOS”. Pengguna bisa emilih “OK” dan macOS Mojave akan menutup dialog tersebut sehingga aplikasi dapat terbuka.

Saat ini, peringatan tersebut hanya akan tertampil satu kali saja untuk setiap aplikasinya. Hal ini kemungkinan dapat berubah jika dilihat dari macOS Mojave sendiri yang masih berada dalam tahap beta.

Prediksi tersebut diperkuat oleh pernyataan Apple yang mengatakan bahwa mereka akan memasukkan peringatan yang lebih agresif lagi mengenai adanya aplikasi 32-bit. Keputusan Apple ini terlihat sejak Apple berhenti menerima aplikasi 32-bit yang hadir untuk perangkat iOS. Pada iOS 10, Apple memberikan peringatan yang sama pada pengguna ketika mereka membuka aplikasi yang masih menggunakan legacy 32-bit.