Mengelola File Foto dengan Aplikasi Gemini Photos

" aplikasi ini memindai semua foto pada perangkat iOS"
ilustrasi: Gemini Photos (net)

KLIKPOSITIF-Setelah dibuat untuk perangkat Mac, MacPaw juga menghadirkan aplikasi Gemini Photos untuk perangkat iOS. Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi dokumen terduplikat.

Sedikit perbedaan Gemini Photos pada iOS fokus pada dokumen di app Photos. aplikasi ini menggunakan algoritma cerdas berbasis Machine Learning. aplkasi ini akan memindai semua foto yang ada di iPhone atau iPad.

Usai memindai Gemini Photos akan membagi file menjadi beberapa kategori. Mulai dari foto yang mirip, Screenshot, Notes atau foto tidak fokus. Kemudian secara cerdas Gemini Photos akan menunjukkan jumlah foto yang bisa dihapus dari setiap bagian.

Sebagai contoh, jika menghapus bagian Similar semua foto yang dideteksi mirip akan tampil dan bisa dihapus semuanya dengan memiliki teks Reselect. Secara otomatis, Gemini Photos akan memilihkan foto terbaik dari setiap foto yang dianggap mirip.

Pada manual mode, tersedia dengan membuka setiap foto dalam tampilan penuh. Selesai memilih foto yang ingin dihapus, tekan teks Delete di bagian bawah Gemini Photos.

Peringatan terakhir akan diberikan sebelum proses menghapus foto dijalankan, silakan tekan tombol Allow di bagian kanan. Setelah itu Gemini Photos akan menjalankan proses menghapus foto yang dipilih, semakin banyak foto yang akan dihapus akan memerlukan waktu lebih lama.

Aplikasi ini juga punya fitur Ignore List. Fitur ini berguna jika pengguna tetap ingin menyimpan foto yang mirip dan tidak ingin dihapus oleh aplikasi ini.